Selasa, 11 Agustus 2009

Warga Gunakan Air Keruh dari Endapan Lumpur

Sejumlah warga desa di kabupaten tuban, terpaksa mengkonsumsi air keruh atau tidak layak pakai dari endapan lumpur lantaran sumber air makin mengering, kondisi ini diperparah dengan jauhnya jarak tempuh untuk menuju sumber mata air yang mirip dengan kubangan ini.


Kekeringan dan sulitnya mendapatkan air bersih sangat dirasakan oleh sejumlah warga desa di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Mereka harus menempuh jarak sekitar lima kilo meter untuk mendapatkan air.
Ironisnya, sumber air bersih yang dimaksud adalah sebuah sumber air yang mulai kering dan keruh oleh endapan lumpur di desa penambangan, Kecamatan Semanding. Untuk mendapatkan satu hingga dua jerigen air, selain harus antre, mereka juga harus menunggu beberapa jam hingga lumpur kembali mengendap di dasar sumber. Air ini dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti memasak, mandi dan mencuci.
Warga kuatir jika debit sumber air ini makin menipis, mereka tak bisa lagi menggunakannya dan terpaksa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli air dari mobil tangki. Mereka berharap pemerintah daerah segera memberikan bantuan air bersih.

0 komentar:

Posting Komentar