Selasa, 11 Agustus 2009

Rempeyek Daun Sirih

Daun sirih ternyata tidak hanya kaya akan khasiat. Tumbuhan merambat yang biasa digunakan untuk tanaman obat ini ternyata juga enak jika dijadikan makanan ringan seperti rempeyek seperti yang diolah oleh seorang warga banyuwangi. Meski awalnya hanya iseng, rempeyek daun sirih kini semakin digemari karena selain enak rasanya juga terasa khasiatnya


Sejak tiga bulan terakhir ini, pinisri warga sragi Kecamatan Songgon, Banyuwangi membuat rempeyek daun sirih Pinisri memang gemar membuat jajanan ringan termasuk jajanan khas daerah setempat melalui kegemarannya, rumah pinisri kini dipenuhi berbagai jenis jajanan ringan atau camilan berbagai jenis salah satunya rempeyek daun sirih.
Meski baru tiga bulan dan belum sempat dipasarkan luas camilan buatan Pinisri setiap harinya laris manis diburu para penggemar camilan. Apalagi harga jual rempeyek daun sirih buatannya ini hanya dua ribu lima ratus rupiah per seratus gram, tidak hanya warga banyuwangi saja yang mencari camilan unik ini. Warga luar Banyuwangi seperti Surabaya hingga Jakarta juga sudah mencicipi kerenyahan serta gurihnya rempeyek daun sirih salah satunya adalah Mimin, warga Surabaya ini hampir sepekan sekali memborong rempeyek daun sirih kegemaran keluarganya.
Sesuai dengan namanya, rempeyek daun sirih dibuat dari tumbuhan sirih atau Binomial Piper Betle. Meski awalnya hanya mencoba kini rempeyek daun sirih buatan pinisri sudah menjadi jajanan ringan khas Banyuwangi.
Dengan dibantu delapan orang karyawan, setiap hari Pinisri harus menyediakan puluhan bungkus rempeyek daun sirih proses pembuatan rempeyek daun sirih tidak serumit yang diperkirakan. Daun yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan bumbu bahan rempeyek pada umumnya seperti tepung yang sudah dicampur dengan sejumlah rempah – rempah daun sirih yang masih utuh, kemudian dicampurkan bumbu, lalu di goreng selain rempeyek daun sirih ditempat Pinisri juga tersedia jajanan ringan unik lainnya rempeyek pakis rempeyek bayam kerupuk lidah buaya kerupuk nangka serta aneka camilan unik lainnya


0 komentar:

Posting Komentar