Kamis, 13 Agustus 2009

Arak Ancak, Tradisi Syukuran Panen

Saudara, panen berlimpah tidak membuat warga desa menjadi pongah, sebagai rasa syukur dan menjaga kelestarian adat, warga desa di Duduk Sampeyan Gresik melakukan ritual arak ancak keliling kampung.


Ritual yang digelar tiap tahun sekali oleh warga desa Sumari kecamatan Duduk Sampeyan Gresik ini, sebagai ungkapan syukur atas hasil panen.rasa syukur warga tersebut diungkapkan dengan membuat ancak, yaitu sajian yang berisi berbagai hasil pertanian, seperti polo pendem, buah-buahan dan rengginang, ancak-ancak ini dihias serta ditempatkan diatas gerobak, yang selanjutnya di arak keliling desa. Ada lima belas ancak yang dibikin warga untuk acara ini. Selesai diarak keliling kampung sejauh tiga kilo meter ini, isi ancak selanjutnya diperebutkan warga, berebut isi ancak sebagai gambaran kegembira-an warga atas panen yang berlimpah. Mereka berharap berkah dari ancak yang diperebutkan mampu memberikan semangat untuk lebih berhasil dalam mengolah lahan pertaniannya.
Selain ritual arak arakan ancak, warga juga mengelar acara doa bersama dibalai desa setempat, warga berharap musim kemarau ini tidak terlampau panjang sehingga warga tidak mengalami kekurangan air untuk mengairi lahan sawah mereka.
Dari Gresik, Akhmad Sutikhon melaporkan.

0 komentar:

Posting Komentar