Rabu, 12 Agustus 2009

Jelang Ramadhan Bahan Pokok Mulai Naik

Menjelang bulan puasa Ramadhan beberapa kebutuhan pokok biasanya naik. Di Sumenep Madura beberapa kebutuhan pokok seperti lombok, bawang dan minyak goreng mulai.


Bahan pokok yang harganya mulai naik di antaranya lombok besar dan lombok kecil dari rp 4.000 naik menjadi rp 5.000 perkilogram. Bawang merah dari rp 6.000 naik menjadi rp 7.000 perkilogram. Sementara harga bawang putih dalam sebulan terakhir ini naik tiga kali mulai dari rp 3.500 sekarang menjadi rp 12.000 perkilonya. Harga ini merupakan kenaikkan tertinggi.
Sementara itu harga tomat justru turun dari empat ribu rupiah perkilo turun menjadi seribu lima ratus rupiah. Bawang daun seribu lima ratus per ikat sementara bahan kebutuhan pokok lainnya masih tetap normal
Menurut para pedagang di pasar anom Sumenep Madura kenaikkan harga beberapa bahan pokok ini karena barangnya banyak yang di datangkan dari luar Madura. Sedangkan kebutuhan masyarakat dalam sebulan terakhir ini cenderung meningkat karena pada bulan-bulan ini yakni bulan Rajab dan bulan Sya’ban biasanya banyak yang mengadakan selamatan seperti pernikahan dan khitanan yang sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat madura.

0 komentar:

Posting Komentar